Pengungkapan Sebab – sebab
Timbulnya Masalah Belajar
Setelah ditemukan siswa yang mengalami
masalah, maka langkah berikutnya adalah mengungkapkan sebab
– sebab timbulnya masalah belajar pada diri siswa. Pada garis besarnya sebab – sebab
timbulnya masalah belajar para siswa dari dua hal yaitu :
1.
Faktor Internal, yaitu faktor yang
berada dan terletak pada
siswa itu sendiri. Hal ini antara lain mungkin disebabkan oleh:
siswa itu sendiri. Hal ini antara lain mungkin disebabkan oleh:
a.
Kelemahan mental faktor kecerdasan,
bakat khusus yang dapat
diketahui melalui tes kecerdasan.
diketahui melalui tes kecerdasan.
b.
Kelemahan fisik, panca indera, syaraf,
kecacatan, karena sakit
dan sebagainya.
dan sebagainya.
c.
Gangguan yang bersifat emosional.
d.
Sikap dan kebiasaan yang salah dalam
mempelajari bahan
pelajaran tertentu.
pelajaran tertentu.
e.
Belum memiliki pengetahuan dan kecakapan
dasar yang dibutuhkan untuk memahami bahan lebih lanjut.
2.
Faktor Eksternal, yaitu faktor yang
datang dari luar yang
menyebabkan timbulnya hambatan atau kesulitan. Faktor eksternal antara lain meliputi:
menyebabkan timbulnya hambatan atau kesulitan. Faktor eksternal antara lain meliputi:
a.
Situasi atau proses belajar - mengajar
yang tidak merangsang
siswa untuk aktif antisipasif (kurang kemungkinannya siswa
belajar secara aktif "student active learning'').
siswa untuk aktif antisipasif (kurang kemungkinannya siswa
belajar secara aktif "student active learning'').
b.
Sifat kurikulum yang kurang fleksibel.
c.
Ketidakseragaman pola dan standar
administrasi.
d.
Metode mengajar yang kurang memadai.
e.
Sering pindah sekolah.
f.
Kurangnyaalatdansumber untuk kegiatan
belajar.
g.
Situasi rumah yang kurang mendorong
untuk melakukan aktivitas.
Untuk dapat mengungkapkan itu semua
dapat dipergunakan berbagai cara dan alat baik yang dapat dibuat oleh guru
pembimbing, maupun yang telah dikerjakan oleh orang lain yang tersedia di
sekolah atau dapat diperoleh dengan bantuan orang lain atau lembaga lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar