SATUAN
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
SMP
NEGERI 13 TEGAL
Tahun
2012
A. Bahasana / topik permasalahan : Pengungkapan sebab –
sebab timbulnya masalah belajar
B. Bidang
bimbingan :
Belajar
C. Jenis
layanan : Bimbingan
Kelompok (Topik tugas)
D. Pemberi
Layanan :
Mahasiswa ( Nurul Hasan Wardoyo )
E. Fungsi
/ tujuan bimbingan :
Pemahaman dan pengentasan
F. Rumusan
kompetensi :
1. Siswa
mampu meningkatkan keefektifitasan dalam belajar
2. Siswa
mampu berkonsentrasi penuh terhadap proses belajar
3. Siswa
mampu memanfaatkan waktu belajar dengan baik
G. Sasarana
Layanan :
Siswa kelas VII E
H. Kelas
/ smester :
VII E / Genap
I. Tempat
penyelanggara layanan :
Ruang kelas
J. Tanggal
pelaksanaan :
30 Mei 2012
K. Waktu
:
2 X 45 menit
L. Uraian
kegiatan
a. Tahap
pembentukan
1) Penyampaian,
pengertian dan tujuan diadakan bimbingan kelompok
2) Penyampaian
asas-asas bimbingan kelompok dan aturan main dalam bimbingan kelompok
3) Mengadakan
kontrak tentang kesempatan waktu
4) Memberikan
kesempatan keikutsertaaan secara sukarela kepada 12 siswa
5) Melakukan
permainan untuk penghangatan suasana
b. Tahap
peralihan
1) Pemimpin
kelompok menanyakan kembali kesiapan anggota kelompok untuk memasuki tahap
kegiatan
2) Memberikan
kesempatan untuk bertanya tentang pelaksanaan kegitan bimbingan kelompok
c. Tahap
kegiatan
1) Berdo’a
sebelum memulai kegiatan
2) Pemimpin kelompok memberikan tugas kepasa
seluruh anggota kelompok untuk membahas materi tugas
3) Membahas
materi yang telah di tugaskan oleh pemimpin
4) Memberikan
kesempatan kepada seluruh anggota kelompok untuk mengungkapkan segala
informasi, permasalahan, ide-ide kepada forum kelompok
5) Anggota
kelompok melakukan analisis masalah,
menyampaikan ide-ide. Memberikan jalan keluar untuk membantu menyelesaikan
masalah dalam suasana dinamika kelompok
d. Tahap
pengakhiran
1) Pemimpin
kelompok dan anggota menyampaikan kesimpulan terhadap pemecahan masalah
2) Pemimpin
kelompok memberikan kesempatan kepada anggota kelompok untuk menyampaikan
pesan-pesanya saat mengikuti layanan bimbingan kelompok
3) Mengevaluasi
setiap tahap dari kegiatan yang telah di laksanakan
4) Menutup
kegiatan bimbingan kelompok
M. Pihak-pihak
yang disertakan :
Guru pembimbing
N. Rencana
penilaian dan tindak lanjut :
1. Penilaian
a. Penilaian
proses
1) Mengamati
keaktifan siswa dan kesungguhannya dalam mengikuti bimbingan kelompok
2) Mengamati
perkembangan kepribadian setiap anggota pada saat kegiatan bimbingan kelompok
b. Penilaian
hasil
1) Kemampuan
membantu memecahkan masalah orang lain dengan perkembangan kepribadian yang di
harapkan
2) Pengembangan
kompetensi-kompetensi yang telah di rumuskan
2. Tindak
lanjut
1) Pemebrian
layanan lanjutan yaitu bimbingan ( konseling )
2) Pengamatan
perkembangan peserta didik
Tegal , 30 Mei 2012
Mengetahui
:
Pemberi layanan Koordinator
Guru BK
Nurul Hasan Wardoyo
Fatkhuroh,
S.Pd
NPM
1110500194 NIP.19620506 198601 1 009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar